About

Kamis, 25 April 2013

Tugas Individu - Pesan dan Percakapan | 12110310021

Contoh Maksim

Maksim kuantitas

Contoh        : -  A: weh B, lu biasanya kuliah ke kampus naik kendaraan apa?
                         B: gue biasanya ke kampus naik kendaraan mobil. (Salah)

Keterangan : Si A dan si B salah karena dia mengulang kata yang memiliki arti yang sama

Maksim Kualitas

Contoh:       :-  A: eh si C tadi ditembak sama si D di kelas ya?
                        B: iya tadi dia nembak, pasti si D bakal ditolak.

Keterangan: Si B terlihat sudah tahu kalau si C akan menolak, padahal belum tentu ditolak.

Maksim  Relevansi

Contoh         : -A: eh ntar malem ada pertandingan bola apa lawan apa?
                         B: ada Persita lawan Persikabo yang main.

Keterangan : Si B mengerti bahwa yang ditanyakan si A berhubungan dengan sepakbola.

Maksim Cara

Contoh         :- A: ciee lo lagi deket sama si C yaa
                         B: si C yang mana deh?
                         A: itu yang sering pulang dijemput orangtuanya.
                         B: yang mana sih? ga ngerti gue
                         A: ih masa lo gatau sih, apa lo pura-pura gatau? ciee cerita kali
                         B: gue gatau beneran. ga ngeh..
                         A:............

Keterangan : si A berbicara kepada si B tentang si C yang dekat dengannya, dan si B tidak
                       mengerti apa yang dimaksud.



Types of Excuses

Greater Good (melakukan kesalahan untuk berbuat baik)

Contoh: ketika berangkat sekolah hampir telat dan saya terburu-buru. pada saat dijalan, saya                       
              melihat teman saya jatuh dari motor didepan saya. Saya rela telat demi membantu   
              teman saya yang kecelakaan. dan setelah mengantar ke klinik dan menelpon 
              orangtuanya, saya ke sekolah dengan keadaan sangat telat dan terkena sangsi telat.

Accident (mau tidak mau mengerjakan sesuatu karena ada keperluan mendesak)

Contoh: Saya sedang dirumah dan teman saya menyuruh saya untuk bermain dengannya. 
               dalam keadaan yang sama, saya ingin ke toilet.. dan saya lebih memilih langsung ke 
               toilet dibandingkan langsung ikut dia bermain.

Consent (Seseorang dapat dihindarkan dari kesalahan karena persetujuan orang tertentu)
Contoh: saya tidak boleh keluar malam, tetapi saya ada tugas kelompok yang belum selesai.   
              kepada orangtua bahwa saya mengerjakan tugas kelompok sampai malam hari dan
              orangtua mengizinkan karena memaklumi anaknya yang sedang mengerjakan tugas
              mau tidak mau saya harus mengerjakan tugas kelompok tersebut dan meminta izin
              kepada orangtua bahwa saya mengerjakan tugas kelompok sampai malam hari dan
              orangtua mengizinkan karena memaklumi anaknya yang sedang mengerjakan tugas

False Belief (Salah paham dimana seseorang melakukan sesuatu yang bukan merupakan  bagiannya)

Contoh: saya memanggil abang saya yang diluar dengan berteriak dan memanggil "Bang!". 
              dan tiba-tiba tukang bakso menoleh dan menuju ke saya. dia sangka saya memanggil 
              dia.

Denying Harm (menyangkal resiko bahaya)

Contoh: saya ada janji dengan teman saya pada pagi hari. dan ternyata saya kesiangan dan 
               teman saya sudah menelpon berkali-kali dan bbm. setelah saya bangun saya
               menelpon, dan dia bertanya 'woy lo dimana? gue telpon ga diangkat-angkat. udah jam 
               berapa nih!' dan saya menyangkal dengan merespon 'sorry td gapegang hp, ni gue 
               udah dijalan kok'. dan teman saya memaklumi dan menyuruh cepat.

Deserved Punishment (menerima hukuman agar kesalahannya dimaafkan)

Contoh: pada saat paskibra saya telat dan senior saya menyuruh saya untuk push up karena 
              telat, dan saya menerima hukuman tersebut dan push up. setelah selesai, senior 
              memaafkan kesalahan dan mengatakan jangan mengulangi lagi.

 
Good & Bad Excuses

Good Excuses (yaitu mengatakan alasan sebenarnya dan mengakui kesalahan)

Contoh :  ayah: kenapa kamu pulangnya larut sekali?
                anak: maaf yah, tadi aku mengerjakan tugas dulu dikampus lalu aku tidak ada pulsa              
                           untuk menelpon ayah.
Bad Excuses (yaitu menyalahkan pihak lain dan menolak bertanggung jawab atas  
                           kesalahan yang diperbuat )

Contoh: A: ini siapa yang ngambil roti gue ya?
              B: si C kali, tadi kan dia ketempat lu trus langsung pergi lagi.



Jenis-jenis Pesan

Verbal (pesan yang disampaikan melalui lisan maupun tulisan)

Contoh: *sedang chatting* A: eh rumah lo dimana sih?
                                              B: diselengkat HEHEHE
                                              A: serius dodol -__-

Non-verbal (pesan yang disampaikan melalui wajah, gerak tubuh, dsb)


Nama : Rizki Muammar Khadafi
NIM     : 12110310021 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar